Banjir! Banjir! Banjir! Banyak sekali air dimana-mana nih, kegiatan sehari-hari menjadi terhambat karena banjir!


Hai sahabat TKSIN terkasih! Beberapa bulan yang lalu bahkan beberapa hari yang lalu, pasti kita sering sekali menyaksikan kejadian banjir di sekitar kita. Mungkin beberapa sahabat TKSIN juga ada yang mengalami langsung. Wah, sedih banget ya sahabat melihat lingkungan sekitar menjadi rusak dan kotor karena banjir. Mau pergi kemana-mana juga pasti susah karena banjir membuat beberapa ruas jalan menjadi tergenang, belum lagi jika air banjir mulai memasuki rumah kita. Semoga semua sahabat yang sedang mengalami musibah banjir ini selalu diberikan kesehatan ya, amin!


Sahabat TKSIN tahu tidak apa yang menyebabkan banjir datang? Ya betul sekali, dikutip dari harian Kompas, penyebab banjir datang bisa dikarenakan curah hujan tinggi, sungai meluap, banyak sampah yang terbuang tidak pada tempatnya dan penyumbatan drainase. Nah, beberapa penyebab banjir ternyata dampak dari perilaku kita loh sahabat, belum adanya pembiasaan yang konsisten untuk menjaga kebersihan dan keteraturan lingkungan dapat mendatangkan masalah yang sangat merugikan ini.

Lalu apa yang bisa kita lakukan ya sahabat untuk mencegah terjadinya banjir tahunan ini?

Anak hebat TKSIN sudah memulai langkah kecil untuk menjawab fenomena alam ini loh sahabat, dengan diadakannya kegiatan pembiasaan “Jumat Bersih”. Setiap hari Jumat, secara bergantian setiap kelas mendapat tanggungjawab untuk mencari sampah, memungutnya dan membuang sampah ke tempat sampah sesuai dengan jenis sampahnya. Kegiatan Jumat bersih ini dilakukan setelah kegiatan belajar di kelas. Kami bersama dengan ibu guru, menyiapkan dua tempat sampah yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Satu tempat sampah untuk meletakkan sampah jenis organik (daun kering dan ranting), satu tempat sampah lagi untuk meletakkan sampah jenis anorganik (plastik makanan, tissu dan botol). Setelah tempat sampah siap, kami mulai menggunakan sarung tangan (kebersihan diri juga selalu diperhatikan ya sahabat). Setelah semua siap, kami bersama ibu guru mulai berburu sampah di lingkungan sekolah kami. Puji Tuhan, kami selalu mendapatkan sampah-sampah loh sahabat. Kegiatan Jumat bersih berlangsung selama 20 menit. Setelah kami selesai melakukan kegiatan Jumat bersih, tidak lupa kami mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir supaya kuman dan bakteri hilang.


Kegiatan pembiasaan “Jumat Bersih” ini dilakukan bertujuan untuk mengenalkan dan membiasakan sejak dini perilaku peduli lingkungan kepada anak-anak. Hal ini selaras dengan Misi kedua Perkumpulan Strada yaitu meningkatkan kepedulian terhadap sesama, menghargai keberagaman, dan berjuang demi terpeliharanya lingkungan hidup.
Semoga dengan langkah kecil ini kami bisa membawa perubahan di lingkungan sekitar di masa mendatang. Berharap banjir tidak meghampiri kita lagi. Ayo sahabat TKSIN kita lakukan hal-hal kecil untuk menyelamatkan lingkungan kita!

Ad Maiorem Dei Gloriam!

Sebarkan artikel ini

Network-wide options by YD - Freelance Wordpress Developer